Thursday, July 24, 2008

God Bless Group Rock Berumur Panjang

Biografi God Bless
Sejak nama God Bless ini dikibarkan tahun 1972 hingga kini, atau setidaknya sudah lebih dari tiga dekade berkiprah di panggung musik, ternyata grup rock legendaris yang hingga kini masih eksis cuma punya koleksi lima album, yaitu God Bless (1975), Cermin (1980), Semut Hitam (1988), Raksasa (1989), dan Apa Khabar?(1997), dan sebuah album yang diaransemen ulang, The Story of God Bless (1990).
“Awalnya God Bless dibentuk sebagai band panggung, bukan rekaman,” jelas Iyek, panggilan akrab Achmad Albar, komandan sekaligus vokalis God Bless ini. Di awal terbentuknya, grup band ini pertama kali manggung unjuk kebolehan di acara Summer ’28 – Ragunan (1972), dengan formasi Achmad Albar (vokal), Donny Fattah (bas), Ludwig Lemans (gitar), Fuad Hasan (dram) dan Deddy Dores (kibor). Di susul penampilan berikutnya pada awal tahun ’73, dengan nama God Bless, mereka beraksi di Taman Ismail Marzuki (TIM) – Jakarta, kali ini posisi kibor dipegang Jockie Soeryoprayogo menggantikan Deddy Dores. Penampilan Achmad Albar Cs ini mendapat sambutan hangat penonton.

Mulailah kiprah God Bless sebagai band panggung mendapat tempat di hati penggemar rock di tanah air. Dan nama God Bless terus berkibar sebagai band rock papan atas yang tidak tersaingi. Dalam aksi panggungnya band hard rock ini masih membawakan lagu-lagu grup luar, seperti Deep Purple, Grand Funk Railroad, ELP, King Ping Me, dan James Gang. Tahun 1975, God Bless merilis debut album yang juga bertitel God Bless, dibawah bendera Pramaqua, dengan hits-nya Huma di Atas Bukit,dan She Pass Away. Ketika supergrup dunia Deep Purple manggung di Indonesia (1975), grup ini mendapat kehormatan jadi band pembukanya. Sepanjang perjalanan karirnya, grup rock legendaris ini mengalami tak kurang dari 15 kali ganti formasi. Sejumlah musisi yang pernah nyangkut di sini, antara lain Soman Lubis (alm), Deddy Stanzah (alm), Rudi Gagola, Abadi Soesman, Dodo Zakaria, Oding, Debby, Keenan Nasution.

Tahun 1989, Ian Antono cabut dari God Bless. Posisinya digantikan oleh Eet Syahranie. Saat ditinggal Ian, God Bless menghasilkan album Raksasa, dan merilis album The Story Of God Bless. Pada 1997, Ian Antono kembali memperkuat God Bless. Kerja bareng mereka kali ini menghasilkan album Apa Kabar?. Di album ini God Bless menggunakan duo gitar, Ian Antono dan Eet Syahranie.Usai menggelar konser God Bless Tur Kembali ’97, dalam rangka promo tur album Apa Kabar?, grup ini praktis vakum dari kegiatan panggung.

Baru mulai tahun 2002, mereka bangkit kembali, dan sempat manggung di kafe dan sejumlah event, seperti Asian Rock di Ancol – Jakarta (2003), dan di Pekan Raya Jakarta (PRJ). Tapi sayang, kebangkitannya kembali God Bless ditandai dengan cabutnya Jockie S dan Teddy Sujaya. “God Bless sekarang tinggal kita bertiga, saya, Donny dan Ian” ungkap Iyek. Untuk mengisi kekosongan, dirangkullah Abadi Soesman, Iwang dan Inang Norsaid. Karena kesibukan di luar God Bless, kakak-beradik ini mengundurkan diri. Posisi Inang digantikan Yaya Moektio. “Untuk di panggung kita pakai additional,” tambah Iyek.

Sebagaimana dikatakan Iyek, awal dibentuknya kelompok musik ini adalah sebagai band panggung. Setelah tujuh tahun absen tidak bikin album, kini mereka kembali menunjukan eksistensinya sebagai band panggung. Meski usia para personelnya rata-rata sudah kepala lima, tapi mereka mampu membuktikan sebagai band panggung yang tetap berkharisma dan memiliki performing act yang menawan. (lex)

DISKOGRAFI GOD BLESS

Album God bless
Rilis: 1975
Hit Huma diatas bukit

Album Cermin
Rilis: 1980
Hit Selamat padi indonesia, musisi

Album Apa Kabar
Rating Not Yet Rated
Produser: Log Zhelebour
Produksi: Logiss Records
Rilis 1997
Hits Apa kabar, Srigala Jalanan

Album 18 Greatest Hits of God BlessRating Not Yet Rated
Produser Log Zhelebour
Produksi Logiss Records
Rilis 1992
Hits Maret 1989, Anak Kehidupan, Raksasa

Album 18 Greatest Hits of God BlessRating Not Yet Rated
Produser Log Zhelebour
Produksi Logiss Records
Rilis 1992
Hits Maret 1989, Anak Kehidupan, Raksasa

Album The Story of God Bless
Rating Not Yet Rated
Produser Log Zhelebour
Produksi Logiss Records
Rilis 1990
Hits All

Album Raksasa
Rating Not Yet Rated
Produser Log Zhelebour
Produksi Logiss Records
Rilis 1989
Hits Maret 1989, Menjilat Matahari, Anak Kehidupan, Raksasa

Album Semut Hitam
Rating Not Yet Rated
Produser Log Zhelebour
Produksi Logiss Records
Rilis 1988
Hits Kehidupan, Rumah Kita, Semut Hitam, Damai Yang Hilang

PERSONIL GOD BLESS

Ian Antono, Achmad Albar, Teddy S, Jockie S, Donny Gagola



Komentar :

ada 13 Komentar ke “God Bless Group Rock Berumur Panjang”
mohamad fahmi said...
pada  

Aku suka banget God Bless kalo ada mas jockie ama mas eet, wah luarr biasa...buanget!!!

Mohamad Fahmi
Semarang

musikku345 said...
pada  

denger2 sih God bless mau rilis album baru, semoga benar!!

Anonymous said...
pada  

hi..saya risma, ada yang tau gak alamat yaya moektio di jakarta, klo ada yg tau please..kasih tau aku yahh ke risma37@yahoo.com..makasih

hartono said...
pada  

Semoga album baru GOD BLESS sedahsyat album terbaiknya the one and only the best CERMIN.
Kapan nih CERMIN di upload ? kalau diupload jangan lupa dengan lagu ANAK ADAM YA. THANKS SEBELUMNYA

download lagu jadul 80an said...
pada  

saya suka album Cermin karena ada unsur jazz nya..

Hasan said...
pada  

Bagi saya, sampai dengan saat ini belum ada grup rock di Indonesia yg bisa mengalahkan kedahsyatan album CERMIN. It's THE BEST ALBUM THAT EVER HAD IN INDONESIA

Anonymous said...
pada  

akankan kita terlena oleh buaian lagu2 cinta yang fals terdengar,,,,,,,,dimana ketegaran jiwa ku,,,,,,,,,,,,,,,,,,,robeklah dunia oleh hingar bingar mu,,,,dan biarkan kami bernyanyi

Styawan said...
pada  

musisi .....
yeah .... !!

Styawan said...
pada  

M U S I S I ....
yeah .... !!

Anonymous said...
pada  

wah musik mereka memang belom ada yg setingkat dgn mereka dari skill maupun musikalitas mereka semoga mereka bisa eksis kembali untuk mengobati rasa kangen akan musik mereka

Anonymous said...
pada  

grup musik ini akan selalu ku kenang walau sampai kapanpun...dan kehebatanya belum ada yang mampu manandingi,dari segi kwalitas musik,dan performance nya...godbless.

Dini Andiani said...
pada  

obat penghilang bekas luka
pembesar penis
obat pembesar penis

mmjiaxin said...
pada  

mulberry outlet
tiffany and co
rolex watches,rolex watches,swiss watches,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
fred perry polo shirts
tory burch outlet online
louis vuitton,borse louis vuitton,louis vuitton sito ufficiale,louis vuitton outlet
fitflops uk
longchamp handbags outlet
air jordan 13
ralph lauren outlet
michael kors factory online
uggs outlet
tiffany jewelry
cheap soccer jerseys
celine outlet online
air jordan 11
coach outlet store
mbt shoes outlet
kate spade uk
ugg boots outlet,ugg outlet
mm0104

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...