Friday, May 28, 2010

Biografi | Mus Mujiono

Mus Mujiono (lahir di Surabaya, Jawa Timur, 15 Maret 1960; umur 50 tahun) adalah seorang musisi jazz Indonesia. Nono, demikian biasa dipanggil sangat menyukai musik dan menguasai hampir semua alat musik, dari keyboard, drum, gitar, saksofon, kecuali terompet. Nono juga mendapat julukan sebagai 'George Benson Indonesia'.

Nono besar di keluarga musisi. Ayahnya adalah musisi keroncong, sedangkan kakaknya, Mus Mulyadi, juga penyanyi keroncong. Sejak kelas enam SD, Nono sudah belajar gitar. Kemampuannya bermain musik sangat memikat, bahkan diusianya yang baru 18 tahun, Nono telah rekaman dengan bandnya, The Hands.

Popularitas Nono (Mus Mujiono) terangkat bersama The Hands, grup musiknya. Mereka sangat terkenal terutama dengan lagu "Hallo Sayang". Sayangnya tak lama kemudian, mereka bubar. Nono pun bersolo karir dan sampai menghasilkan tujuh album.

Nono belajar jazz dari Jun Sen, gitaris jazz terkemuka asal Surabaya seangkatan Bubi Chen. Dari musisi yang juga pengusaha alat musik itulah ia mulai mengenal berbagai teori jazz. Nono juga belajar privat gitar klasik, agar bisa membaca not balok dengan baik. Pada tahun 1980-an Nono tertarik pada George Benson, karena kesederhanaan permainan gitarnya. Saat itu kebanyakan gitaris ngerock dengan berbagai macam efek aneh-aneh, berbeda dengan George Benson yang hanya memakai mulut saja. Oleh karena itu, Nono mulai mempelajari teknik scating yang merupakan ciri dari George Benson.

Setelah menekuni "jurus-jurus" George Benson, Nono pun mulai dilirik para musisi lain. Nono diajak bergabung dengan Jakarta Power Band. Akhirnya Nono hijrah ke Jakarta yang memang telah menjadi obsesinya.

Pada tahun 1995 bersama Glenn Fredly (vokal), Inang Masalo (drum), Yance Manusama (bass), Eka Bhakti (kibor) dan Irvan Chesmala (kibor), berdirilah Funk Section, dengan Nono pada gitar. Mereka membuat album perdana bertajuk "Terpesona". Album ini tidak sukses, begitu juga dengan keberadaan band.

Tahun 2004, bersama grup Canizzaro merilis album "Reinkarnasi Canizzaro" yang mengandalkan tembang Seperti Dulu (dengan menghadirkan Trie Utami sebagai bintang tamu).

Sampai usianya yang hampir setengah abad, bersama dengan Agus Dhukun, Erren Dwi Pratiwi alias Tiwi KDI 4, Irghi Barens, Vino D Rossy dan Deddy Namoza, Nono tetap ingin berkarya dengan mendirikan A-Dhu Band. Kendati terbilang baru tapi delapan lagu telah disiapkan A-Dhu Band untuk mengisi album perdana mereka. Sebagian lagu dalam album tersebut diciptakan oleh Nono. Judul-judul lagu di album A-Dhu Band antara lain Sedaci, Siti Djainab, Ini Duniaku, Dosa Cinta?, Kejujuran Cinta Agus Dhukun, Ly, @ku Adalah @ku dan Mba Yayu.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mus_Mujiono


Dowlnoad Mp3 Mus Mujiono album :
Mus Mujiono Album yang Pertama
Mus Mujiono Album Abadinya Cinta
Jakarta Power Band Album Kamu Yang No 1



Komentar :

ada 5 Komentar ke “Biografi | Mus Mujiono”
Anonymous said...
pada  

He's legend

annel said...
pada  

aq cari lagu yg liriknya kurang lebih begini: Ada bayanganmu dimataku, yang kini membuatku rindu... dst
Reff. Oh haruskah kuteteskan airmata dipipi, oh haruskah kau kupeluk dan tak kulepas lagi...

kira2 siapa ya yang bisa bantu kasih judulnya, siapa penyanyinya... trims

musikku345 said...
pada  

judulna Masih Ada - 2D
nih link downloadna
http://www.4shared.com/audio/u2Z4hITF/2D_-_Masih_Ada.htm

hang agni said...
pada  

numpang tanya....:)
kalau yg liriknya begini:

diantara kita tlah terjalin sudah benang2 asmara....
dst...

semoga tuhan mendengar pinta kita...

itu lagunya siapa yah....?
Indra lesmana bukan?
ada link downloadnya...?
Thanks ...:)
soalnya denger lagu ini ingat sewaktu kecil...
sering liat video klipnya di tvri....
tapi lupa siapa yg nyanyi

:)

Anonymous said...
pada  

Maaf yang nulis artikel ini saya mengoreksi. Funk section sudah ada jauh sebelum tahun 1995, pada kira-kira 1983an Christ Kayhatu dan kawan-kawan sudah mendirikan Funk Sction, kemudian dilanjutkan dengan formasi baru tahun 1995 setelah Christ Kayhatu meninggal...

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...