Wednesday, November 26, 2008

Fernando Jose' Torres Sanz

Biodata :
Nama lengkap : Fernando José Torres Sanz
Tanggal lahir : 20 Maret 1984
Tempat lahir : Madrid, Spanyol
Julukan : El Nino “The Kid” / Bocah
Klub : Liverpool
Posisi : Penyerang
No. Pungggung : 9
Tinggi : 1.85 cm

Fernando Torres dilahirkan di Madrid, Spanyol, 20 Maret 1984 adalah seorang pemain sepakbola kebangsaan Spanyol dan salah satu stiker yang haus gol yang dipunyai negeri Matator tsb. Di Tim Nasional Spanyol ia merupakan tandem David Villa yang merumput bersama klub Atletico Madrid. Fernando Torres adalah pemain Spanyol termahal sepanjang sejarah pemain sepakbola Spanyol ketika ia ditransfer ke Liverpool dengan bandrol £20 juta.

Pada tahun 1994 di usia 10 tahun, Torres telah bermain bersama klub lokal A Rayo 13, ia berhasil mencetak 55 gol selama semusim. Atletico kemudian menariknya dengan status percobaan, dan pada tahun 1995 ia bergabung sebagai pemain Atletico Madrid Yunior. Pada usia 14 tahun, Torres telah meraih gelar pemain muda terbaik (1998). Pada kejuaraan Nike Cup Eropa, yang diikuti tim-tim yunior klub Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, Barcelona, AC Milan dan Juventus, Atletico Madrid keluar sebagai juara dan Torres terpilih sebagai pemain terbaik Eropa untuk tim usia 15 tahun.

Pada tahun 1999 Torres menandatangani kontrak pertamanya bersama Atletico, sedangkan pada tahun 2000 ia mengalami patah kaki dan harus absen bermain hingga bulan Desember 2000. Pada bulan Februari 2001 Torres bersama tim Nasional Spanyol usia 16 tahun berhasil menjuarai Turnamen Algarve dan menjuarai kejuaraan Eropa UEFA usia 16 tahun dimana ia mencetak gol satu-satunya di pertandingan final, di kejuaraan tersebut ia menjadi pencetak gol terbanyak dengan 7 gol dari 6 pertandingan dan ia mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik.

Pada 27 Mei 2001 adalah debut profesionalnya pada saat bertanding melawan klub Leganes di stadion El Calderón. Ia berhasil membuat gol pertamanya untuk Atletico pada minggu berikutnya di pertandingan melawan Albacete. Musim 2003–2004, adalah musim dimana Torres mulai memperlihatkan ketajaman dalam mencetak gol, ia berhasil menyarangkan 19 gol di Laliga dalam 35 penampilan. Atlético mulai merangkak naik menempati posisi ke-7 sehingga berhasil meraih satu tempat di UEFA Cup. Debut pertamanya di tim Nasional adalah tanggal 6 September 2003 saat melawan Portugal di pertandingan persahabatan, sedangkan gol pertamanya untuk Spanyol pada pertandingan melawan Italia tanggal 28 April 2004. Torres ikut bagian di tim nasional Spanyol dalam kualifikasi Euro 2004, ia hanya menjadi pemain cadangan di dua pertandingan dan tampil penuh pertama kali pada pertandingan penentuan saat melawan Portugal, dimana Spanyol kalah 1-0.

“World Cup Jerman 2006” adalah penampilan pertamanya di kejuaraan Piala Dunia, ia mencetak gol kemenangan Spanyol menjadi 4-0 atas Ukraina. Di pertandingan kedua penyilihan grup , ia juga menjebol gawang Tunisia sebanyak dua kali sehingga menjadikan Spanyol unggul 2-1. Pada Nopember 2006 Torres tidak masuk tim inti pada pertadingan persahabatan melawan Rumania, dan menjadi bagian di tim inti pada pertandingan persahabatan melawan Inggris bulan Februari 2007.

Dalam lima musim berkarir berama Atletico ia telah mengemas total 75 gol,torehan gol paling banyak terjadi di musim 2003-2004 dengan 19 kali menjebol gawang lawan. Di akhir musim 2006-2007, berdasarkan pemberitaan di media Inggris yang menyatakan bahwa Torres menjadi target transfer utama bagi Liverpool. Meskipun presiden Atlético Enrique Cerezo mengeluarkan pernyataan bahwa pihak Atletico tidak akan menerima tawaran Liverpool atau klub lainnya. Liverpool yang terus ngotot untuk mendapatkan Torres dengan harga transfer yang menggiurkan membuat Atletico melepaskan Torres pindah ke Liverpool dengan nilai transfer £20 juta ditambah Luis Garcia.



Komentar :

ada 0 Komentar ke “Fernando Jose' Torres Sanz”

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...