Friday, February 20, 2009

Biografi Steven (George) Gerrard

Steven George Gerrard atau lebih dikenal dengan Steven Gerrard dilahirkan pada 30 Mei 1980 di Whiston, Merseyside kira-kira 8 km kearah timur kota Liverpool. Pria bertinggi badan188 cm sampai sekarang masih bermain untuk Liverpool F.C. sejak tahun 1997. Gerrard adalah kunci permainan Liverpool, berposisi sebagai gelandang Gerrard sangatlah vital. Ia merupakan inspirator serangan sekaligus sebagai benteng pertama dalam pertahanan saat timnya diserang. Gerrard pada awalnya adalah gelandang bertahan, tetapi beberapa waktu kemudian, perannya mulai bergeser menjadi gelandang serang, baik di tengah, maupun di kanan. Sebagai gelandang, peran Gerrard justru jauh lebih membahayakan ketimbang para penyerang asli The Reds. Gol-gol Liverpool banyak tercipta dari kakinya, selain itu umpan-umpannya yang matang menjadi sasaran empuk bagi para penyerang atau pemain The Reds lainnya untuk menjebol gawang lawan. Bisa dibilang Gerrard adalah pemain serba bisa kecuali posisi kiper sepertinya halnya legenda sepakbola Irlandia Utara dan Manchester United yaitu George Best.

Gerrard memulai debut pertamanya bersama Liverpool senior pada tanggal 30 November 1998 sebagai pemain pengganti yang dimasukan di babak kedua menggantikan Vegard Heggem saat melawan Blackburn. Gol pertamanya tercipta pada 5 Desember 1999 ke gawang Sheffield Wednesday, ketika hampir semua pemain senior The Reds sedang bermasalah dengan cedera. Gerrard menjabat kapten tim The Reds sejak tahun 2003, ia telah menyumbangkan beberapa gelar juara untuk klub dari kota pelabuhan tersebut. Ia juga sangat disegani oleh penggemar-penggemar klub yang bermarkas di stadion Anfield tersebut, rekan-rekan setim di klub maupun timnas Inggris serta masyarakat Inggris secara keseluruhan. Tahun 2006 ia terpilih sebagai pemain terbaik di Inggris oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA).

September 2001 adalah debutnya bersama tim Nasional Inggris saat tampil melawan Jerman, dimana Inggris menang telah 5-1, sekaligus gol pertama Gerrard yang ia ciptatakan untuk tim Nasional Inggris. Gerrard gagal ikut ke Piala Dunia 2002 karena cedera. Dan ia baru bisa tampil di Piala Dunia 2006 dengan menyumbang satu gol indah saat Inggris mengalahkan Trinidad & Tobago. Ia kini menjadi salah satu kandidat kapten The Three Lions setelah David Beckham mengundurkan diri dari jabatan itu. Ia bersaing dengan kapten Chelsea John Terry, dan gelandang The Blues, Frank Lampard.Namun akhirnya Pelatih baru England, Steve Mc Laren lebih memilih John Terry untuk menjadi Captain The Three Lions.

Steven Gerrard menandatangani kontrak perpanjangan kontrak yang mengikatnya di Anfield sampai 2011. Kesepakatan kontrak untuk kapten Gerrard, 26 tahun, diperkirakan bernilai sekitar 6 juta poundsterling per tahun

Gelar
Klub :
2000-2001 (Piala Liga, Piala FA, Piala UEFA)
2001-2002 (Piala Super Eropa, Charity Shield)
2002-2003 (Piala Liga)
2004-2005 (Liga Champions)
2005-2006 (Piala FA)
2006-2007 (Community Shield)

Pribadi :
2001 (English League Young Footballer of the Year)
2006 (Pemain terbaik di Inggris oleh Asosiasi Pesepak Bola Profesional Inggris (PFA).



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...