Friday, January 15, 2010

Biografi Iwan Madjid

Oleh : Dennie Sakri
Iwan Madjid, yang berkelahiran tahun 1957, mengenyam pendidikan di IKJ pada tahun 1977 - 1981 dengam mengambil Seni Vocal ,piano , dan flute.

Pada tahun 1977 dia membentuk band ABBAHAMA dengan formasi Iwan Madjid [ vocal, piano, flute ], Darwin B Rachman (bass, keyboard), Robim ( drum), Hendro (oboe), Dharma ( flute ), Oni (keyboard ), dan Cok B ( gitar). Mereka sempat mengeluarkan album berjudul Alam Raya.Yang menarik dari band ini adalah kemampuan musikalnya yang tidak kalah dengan musisi asing pada waktu itu. Hal ini diakui oleh para penggemar progresif rock , bukan hanya yang ada di Indonesia,bahkan juga di luar negeri. Kelemahannya adalah [ seperti halnya kelenaham band Indonesia ] kualitas rekaman yang buruk!!

Pada album Alam raya, hampir semua lirik ditulis oleh Iwan /Hasan, sangat kental dengan nuansa progresif rocknya. Kabarnya Iwan , dkk ini sangat dipengaruhi oleh ELP ( Emerson Lake Palmer) - band progresif rock asal Inggris. Sayang band ini hanya muncul sesaat, kemudian Iwan membentuk band Wow!! pada tahun 1983.

Wow! mulai terwujud setalah Iwan bertemu Fariz RM . Di sebuah Festival Band se Jakarta, Iwan bertemu Eet Sjahrani dan diajak untuk bergabung. Sayang niat Eet belum kesampaian, keburu Eet ke Amerika. Di negeri Paman Sam, Eet mengambil workshop recording sound engineering di Chillicote, Ohio selama tiga bulan.Minus Eet, Wow! tetap berjalan dengan formasi Iwan (vocal, piano, keyboard), Darwin (bas), dan Fariz (drum) yang merilis album bertajuk Produk Hijau.

Kemudian Iwan Madjid lalu merekrut Musya Joenoes, pemusik alumnus Trisakti yang terampil bermain gitar dan keyboard, serta Ical Indra, drummer yang memiliki bakat luar biasa. Formasi ini lalu merilis album Produk Jingga.

Di tahun 1988, Iwan Madjid menggarap album solo bertajuk Pesta Reuni yang didukung Fariz RM (drum, keyboard), Uce Haryono (drum), Darwin B Rachman (bass, keyboard), dan Eet Syahrani (gitar). Lirik-lirik lagu di album ini terasa ringan. Cenderung ngepop. Iwan Madjid malah menyanyikan kembali lagu Asmara, yang pernah dibawakan pada album Abbhama.

Tak lama kemudian, Wow!menggarap album nya, yang berjudul Rasio dan Misteri.Dan terakhir Wow!! menggarap soundtrack film Lupus IV.

Setelah lama vakum, Iwan membentuk band baru dengan nama Cynomadeus yang terdiri dari Iwan Madjid (keyboard), Todung Panjaitan (bas), Eet Syahrani (gitar), Fajar Satriatama (drum), dan Arry Safriadi (vokal). Kelompok yang juga berkonsep menautkan elemen musik klasik dan rock ini pun usianya tak panjang.Band ini hanya merilis satu album saja, Eet dan Fajar kemudian membentuk band baru dengan nama Edane dengan nuansa metal.

Setelah itu Iwan mulai menghilang, dan sempat mendekam di penjara dan dibebaskan pada tahun 2000.Pada saat ini Iwan bermukim di Kelapa Dua , dan kurang aktif lagi bermusik.

DISKOGRAFI
Album Group
Bersama Abbhama
1. Alam Raya - Abbhama (Tala & Co 1978)

Bersama Wow
1.Produk Hijau - Wow (Venus/Musica 1983)
2.Produk Jingga - Wow (RCA 1985)
3.Rasio dan Misteri - Wow (Blackboard 1990)
4.Lupus IV - Wow (Musica Studio 1991)

Bersama Jakarta Rhythm Section
1.Pesona Rindu - Jakarta Rhtyhm Section (Pratama Record 1983)

Bersama Cynomadeus
1.Cynomadeus - Cynomadeus (Arci 1990)

Album Solo
1.Musik Pengantar Belajar - Iwan Madjid (Akurama Record 1986)
1.Pesta Reuni - Iwan Madjid (Music Box/Q Project 1988)

Bintang Tamu
1.Suara Persaudaraan - Suara Persaudaraan (Aquarius 1986)
2.Mercurius - Ary Aliance Project (Logiss Record 1992)

FILMOGRAFI
1.Lupus IV (PT Andalas Kencana Film,1990) Music Score
2.Olga dan Sepatu Roda (PT Andalas Kencana Film 1991) Music Score



Komentar :

ada 0 Komentar ke “Biografi Iwan Madjid”

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...