Thursday, July 31, 2008

Sisi Gelap Kehidupan Fariz RM

Gemerlap Pesta Kota
Seolah Getar Flamenco Mengalun Jiwa
Kududuk Terhanyut Nuansa
Disudut Semarak Plaza Catalonia
Kala Sepasang Mata...
Menatapku Manja...
Mengajak Berdansa
Sapanya "Quiere Usted Bailar Conmigo?"


Salah satu penggalan lirik dengan judul Bacelona, Sebuah lagu yang sangat greget dengan lirik yang sangat indah dan dibungkus musik yang benar benar enak untuk didengarkan. Fariz adalah salah seorang pencipta lagu jenius dan penyanyi yang penuh dengan inspirasi dan keindahan , bisa dilihat dari banyaknya lirik lirik ciptaannya begitu indah sehingga bisa menghasilkan karya yang menakjubkan. Banyak sekali karya emasnya, diantaranya : Sakura, Kurnia dan Pesona, Interlokal,Barcelona,Nada kasih bersama Neno Warisman, dan banyak lagi.
Tapi disisi kehidupan lain Fariz seorang penggemar alkohol yang cukup berat dan mengkonsumsi narkoba sampai sampai menyebabkan dirinya menderita penyakit Liver pada tahun 1996. Klimaknya 28 Oktober 2007 pagi berita mengejutkan para penggemarnya dia tertangkap polisi dalam sebuah razia di Jakarta, dimana dia membawa 1,5 linting ganja seberat 5 gram dalam bungkus rokok miliknya. Manusia tidak ada yang sempuna, begitu pula Fariz Rustam Munaf.
Fariz mengungkapkan, kasus yang menimpanya pada 28 Oktober 2007 itu merupakan pengalaman yang sangat berharga. Ia malah menyebut kejadian itu sebagai cara lain Tuhan memberi anugerah padanya.
"Saya yakin saya bertindak benar, maka bila terjadi apa-apa saya serahkan semua pada Tuhan. Dan, satu hal yang terpenting buat saya adalah anak-anak mengatakan mereka percaya pada saya," ujarnya.
Apakah Fariz bisa bangkit lagi, semoga Fariz.

Biografi :

Fariz RM adalah musisi senior Indonesia yang nama panjangnya Fariz Roestam Moenaf,. Karya emasnya di antaranya lagu Secita Ceria, Kurnia dan Pesona, Nada Kasih, Panggung Perak, Barcelona, Sakura, Selangkah kesebrang.dll.
Fariz RM dilahiran di Jakarta pada , 5 Januari 1961. Putra pasangan Rostam Munaf dan Anna Reinenberg mulai kelihatan bakatnya saat berumur 8 tahun, dia belajar piano pada Sunarto Sunaryo dan juga Prof. Charlotte Sutrisno JP. Pengalamannya dalam bermusik dimulai bersama Debby dan Odink Nasution dengan nama Young Gipsy yang beraliran musik-musik rock Blues pada umur 12 tahun. Tahun 1975, Fariz bekerja sama dengan Addie MS, Adjie Soetama dan Iman RN untuk membuat operet pada acara perpisahan dan vokal group sekolahnya. Fariz RM dan teman-temannya di Vokal Group SMA 3 ikutan "Lomba Cipta Lagu Remaja" yang diadakan oleh Radio Prambors dan berhasil membawa mereka menggaet Juara III . Fariz juga pernah membentuk kelompok musik Wow bersama Iwan Madjid dan Darwin B Rachman. Symphony dan Jakarta Rhythm Section, dengan banyak lagu-lagu sukses.

Selepas SMA, tahun 1978, Fariz RM memasuki masa kuliah di ITB jurusan Seni Rupa dan mencoba membantu, mengembangkan dan menimba ilmu serta menambah pengalaman untuk dua group band beraliran rock, Giant Step dan The Rollies. Di Giant Step, Fariz bertindak sebagai musisi pengganti untuk kibordis Giant Step untuk penampilan panggung. Sedangkan di The Rollies, Fariz menggantikan posisi pada dram untuk karya-karya pentas.

Tahun 1979, Fariz RM mendapat kesempatan untuk membantu mengiringi kelompok musik dari Bandung pimpinan Harry Roesly, Harry Roesli Kharisma. Setelah terlibat di berbagai group band, akhirnya Fariz RM membuat album kedua dengan judul Sakura, tahun 1980. Sukses album kedua ini lalu diikuti dengan dirilisnya album perdana Fariz yang belum sempat dirilis.

Dari perkawinannya dengan Oneng Diana Riyadini pada 1989 itu, dikaruniai Ramanitya Khadifa (meninggal di usia balita), putri kembar Ravenska Atwinda Difa dan Rivenski Atwinda Difa yang lahir 26 Oktober 1991. Dan yang paling kecil Syavergio Avia Difaputra lahir 11 September 1999.

Discografi

Sakura
1980

Selangkah ke Seberang
1980

Panggung Perak
1981

Peristiwa 77-81
1982

Musik Rasta
1983

Peristiwa 81-84
1984

Do Not Erase
1987

Living In Western World
1988

Fariz Hitz
1989

Fashionova
1989

Cover Ten
1990

Balada
1992

Romantic
1993

Dongeng
1997

Suoper & Slow Meddley
1998

Kronologi
1999

Dua Dekade
2001



Komentar :

ada 9 Komentar ke “Sisi Gelap Kehidupan Fariz RM”
Anonymous said...
pada  

Fariz merupakan musisi idola saya
jadi gimanapun dia, oke oke

Anonymous said...
pada  

seorang multi instrumentalis sejati.
fariz pernah berkata saya tdk sepandai indra lesmana kalau main piano, tdk sepandai gilang ramadhan kalau main drum dll. Tp mereka tdk sepandai fariz sebagai multi instrumentalist.
viva fariz............

Anonymous said...
pada  

Musisi terbaik yang pernah ada di negeri ini!
selain pecahan dari Badai Band lainnya!
wake up faiz! go for it!

Anonymous said...
pada  

hw'a best once

Anonymous said...
pada  

whatever... fariz is the legend

musikku345 said...
pada  

saya setuju, kita mempunyai banyak pemusik jenius diantaranya Faiz

Anonymous said...
pada  

tidak ada musisi indonesia sekaliber dia

Anonymous said...
pada  

legenda Indonesia sejati..... jenius pula

Anonymous said...
pada  

Pokoke Fariz is the Best...Lirik nya gak ada yg pendek...gak ada saingan deh skr

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...