Thursday, August 21, 2008

Biografi Ian Antono

Ian Antono dilahirkan di Malang Jawa Timur pada tanggal 29 Oktober 1950 dengan nama lengkap Jusuf Antono Djojo. Ian adalah salah satu pemain gitar terbaik yang ada bumi nusantara ini.Sampai sekarang Ian masih aktif bermain sebagai personil God Bless meski dibilang usianya sudah tidak muda lagi dan segarang dulu. Dia bukan saja hanya sebagai pemain gitar saja tetapi sebagai arranger, composer juga produser, Anggun C Sasmi, Nicky Astria adalah yang lahir dari tangan dinginnya. Cara bermain gitar Ian banyak memberikan inspirasi bagi pemusik dibawahnya, terutama para gitaris muda Indonesia.


Ian Antono memulai karir sekitar tahun 1971 bersama Abadi Soesman saat bergabung dengan Bentoel Band, dan juga sebagai arranger beberapa artis penyanyi pada saat itu seperti Anna Matovani, Emilia Contessa, Trio The Kings. Ian bertahan bersama Bentoel Band selama tiga tahun, karena pada tahun yahun 1974 dia bergabung bersama God Bless. Tahun 1975, God Bless merilis debut album yang juga bertitel God Bless, dibawah bendera Pramaqua, dengan hits-nya Huma di Atas Bukit,dan She Pass Away. Ketika supergrup dunia Deep Purple manggung di Indonesia (1975), grup ini mendapat kehormatan jadi band pembukanya. Pada tahun 1977 Ian menggarap album Albar dan Ucok dengan nama Duo Kribo dengan hits Neraka jahanam.Tahun 1978 Album Duo Kribo kedua dengan title Pelacur tua dirilis, dan disusul album Duo Kribo ketiga dengan title Panggung sandiwara. Tahun 1980 Album God Bless kedua (Cermin), album God Bless ketiga Semut Hitam (1988).
Di tengah aktifitasnya di God Bless, Ian Antono juga aktif di Gong 2000 dan merilis album Bara Timur (1991), Laskar (1994) dan Prahara (1996).

Ian Antono telah menerima banyak penghargaan diantaranya sebagai Arranger terbaik dan Komposer terbaik yang didapat dari album Nicky Astria (Gersang) dari BASF Award tahun 1987 - 1988, Ian juga mendapatkan HDX Award tahun 1989 untuk lagu Buku Ini Aku Pinjam (Iwan Fals), pada tahun 1992 dia mendapat BASF Awards dari Album Bara Timur (Gong 2000) sebagai The Best Selling Album dan pada tahun 1994 dengan album laskar Gong 2000, Ian mendapatkan The Best Arranger & Composer, dari HDX Award, Juga dari Diamond Achievement Award di tahun 1995 penghargaan atas dedikasi dan prestasi tinggi di dunia musik Indonesia



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...