Tuesday, September 15, 2009

Musik | Krakatau Meledak di 80-an

Jika Krakatau meledak dan meluluhlantak di tahun 1883,maka Krakatau,band fusion yang terbentuk di Bandung justeru meledak di tahun 1986.

Terbentuk di Bandung pada tahun 1985. Saat itu Parasaja Budidharma baru sja pulang ke kampung halaman setelah mengenyam pendidikan di Amerika. Bersama Dwiki Dharmawan, pemain keyboard dan komposer yang pernah tergabung dalam komunitas musik Elfa Secioria, serta Donny Suhendra gitaris yang pernah tergabung dalam grup rock We Group,G'Brill dan grup fusion D'Marszyo dan BOM (Batallion Of Musicians) serta Buddy Haryono, drummer Jam Band,mereka berempat lalu membentuk Krakatau.Musiknya fusion.Banyak dipengaruhi musik grup fusion Kanada Uzeb serta Allan Holdsworth dan Weather Report.
Langkah pertama Krakatau adalah ikut bertanding dalam Light Music Contest 1985. Meraih juara satu dan mendapat kesempatan melakukan exibisi di Light Music Contest 1985 di Budokan Hall, Tokyo Jepang.Tapi uniknya, juri malah menilai permainan keyboard Dwiki Dharmawan,yang lalu terpilih sebagai Instrumentalis terbaik.

Tahun itu Krakatau lalu mulai tampil dalam berbafai event musik.Ruth Sahanaya dan Harry Moekti lalu diikutsertakan sebagai vokalis tamu. Dan ditahun 1986,formasi Krakatau berubah. Budhy Haryono sang drummer mengundurkan diri dan digantikan oleh Gilang Ramadhan.Oleh manajer Krakatau saat itu Noenoes Oetomo,Krakatau pun ketambahan seorang pemain keyboard yaitu Indra Lesmana.Serta masuk pula vokalis Trie Utami,yang baru saja terpilih sebagai Vokalis Terbaik dalam Light Music Contest 1986.Saat itu Trie Utami tergabung dalam kelompok Kahitna,juga dari Bandung.

Di tahun 1988, mulailah Krakatau merilis album perdana dan melejiykan hits "Gemilang". Berelanjut di album kedua .Pun mencetak hits "La Samba Primadonna".Sejak itu Krakatau betul betul menjadi band pop fusion papan atas.

Di tahun 1992, Indra Lesmana dan Gilang Ramadhan serta Donny Suhendra mundur dari Krakatau membentuk kelompok pop rock Adegan.Lalu masuklah drummer lama Budhy Haryono dalam album "Let There Be Love".

DISKOGRAFI
1.Krakatau (Bulletin 1988)
2.Krakatau (Bulettin 1989)
3.Kembali Satu (Bulettin 1990)
4.Let There Be Life (Blackboard 1993)

Denny Sakrie



Komentar :

ada 3 Komentar ke “Musik | Krakatau Meledak di 80-an”
Unknown said...
pada  

Info yang bagus, cuma sayang sekarang band itu ga jd tuan rumah di negerinya sendiri, padahal di luar terutama di eropa timur nama krakatau sangat dikenal. kalah pamor ma band2 baru kali...thx infonya and salam kenal juga...

Unknown said...
pada  

mbak posting krakatau album pertama 1987....lagu pasport dan kite to fly wah keren banget

Anonymous said...
pada  

2015-11-2 xiaozhengm
toms outlet
michael kors outlet online
adidas uk
fitflop uk
nike air max shoes
canada gooses outlet
mont blanc pens
michael kors
nike trainers
cheap uggs boots
moncler jackets
michael kors outlet uk
michael kors handbags
ugg boots
kate spade handbags
oakley sunglasses
cheap jordan shoes
toms outlet
juicy couture
nike air max
michael kors outlet
michael kors uk
coach factory outlet
jordan 3
gucci outlet
kate spade outlet
jeremy scott shoes
hollister uk
christian louboutin uk
gucci
hermes uk
michael kors outlet
michael kors outlet
coach factory outlet
jordan 8
michael kors bags
cheap oakley sunglasses
jordans shoes
ghd
christian louboutin

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...